Pengertian Backbone dan Fungsinya Cara Kerja Backbone dalam Jaringan

SHARE:

Pengertian Backbone dan Fungsinya Serta Cara Kerja Backbone dalam Jaringan - Apakah itu backbone ? Mungkin arti itu terdengar asing buat orang pemula. Akan tetapi, buat orang yang sudah menekuni dalam dunia jaringan tentu seringkali dengar arti backbone bahkan juga sudah mengetahui seluk beluk backbone dalam jaringan.

Pengertian Backbone dan Fungsinya Serta Cara Kerja Backbone dalam Jaringan - Apakah itu backbone ? Mungkin arti itu terdengar asing buat orang pemula. Akan tetapi, buat orang yang sudah menekuni dalam dunia jaringan tentu seringkali dengar arti backbone bahkan juga sudah mengetahui seluk beluk backbone dalam jaringan. Umumnya, jaringan backbone didesain untuk mempermudah Sobat dalam mentransfer data dalam satu jaringan.

Menjadi contoh simpel, Sobat ditugaskan untuk membuat jaringan di gedung bertingkat, disetiap tingkat itu semasing dibuat jaringan lokal. Jadi yang bisa Sobat kerjakan adalah menempatkan satu kabel dengan menjadi lajur penting serta satu kabel menjadi jalan spesial. Disinilah peranan jaringan backbone, di mana menghubungkan beberapa jaringan itu. Atau bisa disebutkan jika backbone dikatakan sebagai jalan tol. Backbone ini pula yang memperbedakan network yang ada di satu tempat yang sama. Contohnya perusahaan yang terbagi dalam beberapa divisi serta tiap-tiap divisi dibedakan memakai network yang dimilikinya.

Dengan membuat backbone dalam jaringan bisa menangani beberapa permasalahan yang seringkali berlangsung, seperti permasalahan kecepatan interkoneksi antar jaringan lokal. Untuk menghubungkan beberapa jaringan lokal itu bisa jadi cuma manfaatkan kabel jaringan UTP, akan tetapi saluran data akan berasa makin lamban. Karena, kabel UTP cuma bisa dilalui dengan kecepatan transfer sampai 100 Mbps, sedang jaringan backbone dapat berisi sampai 10 Gbps.

Buat Sobat yang ingin mengerti backbone pada suatu jaringan, Sobat bisa memerhatikan bahasan dalam artikel kesempatan ini. Karena, artikel kesempatan ini akan mengulas tentang pemahaman backbone, fungsinya dan langkah kerja backbone dalam jaringan. Untuk bahasan pertama diawali dari pemahaman backbone berikut ini.

Pemahaman Backbone dalam Jaringan 

pemahaman backbonepengertian backbone ialah

Dii dunia jaringan computer, backbone adalah aliran pusat atau koneksi yang didesain untuk mentransfer saluran jalan raya data di satu jaringan. Biasanya, backbone bisa dipakai untuk menghubungkan jaringan lokal LAN dengan jaringan yang jangkauannya lebih luas (WAN) dengan bertepatan.

Tentu saja untuk bangun backbone ada banyak hal yang perlu dilihat, yaitu jaringan ini memerlukan bandwidth yang besar, kecepatan transmisi yang tinggi serta di dukung dengan infrastruktur yang mempunyai kehandalan tinggi. Umumnya, jaringan ini didesain dengan memakai alat transmisi seperti satelit, microwave atau Fiber Optic. Akan tetapi, sebab jaringan backbone memerlukan bandwidth yang besar, jadi memakai alat fiber optic yang bisa penuhi keperluan itu. Dengan memakai jaringan backbone, jadi kapasitas jaringan jadi lebih optimal.

Pada prinsipnya, ada tiga sisi terpenting dalam infrastruktur telekomunikasi sekarang ini, yakni :

1. Infrastruktur Backbone Internasional 

Backbone internasional adalah jaringan backbone yang menghubungkan jalan raya (traffic) jaringan domestik ke arah jaringan internasional. Infrastruktur jaringan ini didesain dengan memakai Fiber Optic dari bawah laut serta satelit regional serta internasional.

2. Infrastruktur Backbone Domestik 

Backbone domestik ialah infrastruktur jaringan yang menghubungkan semua kota di Indonesia. Untuk menghubungkan kota-kota sisi barat Indonesia memakai Fiber Optic, sedang untuk akses ke semua lokasi Indonesia memakai satelit serta radio.

3. Jaringan Akses 

Jaringan akses adalah jaringan dengan terhubung konsumen setia dengan cara langsung. Infrastruktur berikut yang memerlukan investasi yang besar dengan beberapa tehnologi yang berkembang. Akan tetapi, pada umumnya alat yang dipakai untuk membuat infrastruktur ini ialah kabel serta wireless, di mana kedua-duanya mempunyai keuntungannya semasing.

Manfaat Backbone 

Pada intinya, backbone didesain dengan tujuan untuk mengoptimalkan kapasitas komunikasi data dalam jaringan yang bertaraf besar. Perumpamaannya dalam soal transfer data. Backbone yang mempunyai peranan terpenting dalam proses itu.

Diluar itu, masih tetap ada fungsi-fungsi backbone yang perlu Sobat kenali, yakni :

Dengan potensi yang dipunyai backbone, yakni bisa lakukan transfer data sampai sampai 100 Mbps bisa kurangi terjadinya bottleneck, kondisi di mana berlangsung kepadatan atau beban user untuk terhubung data dalam jaringan.
Dapat tingkatkan interkoneksi antar jaringan lokal yang sudah didesain
Jaringan Backbone biasanya memakai tehnik dual ring, hingga memiliki fault tolerance yang tinggi sekali.

Cara Kerja Backbone dalam Jaringan 


langkah kerja backbone ialah

Sampai sekarang, aplikasi backbone jaringan yang terunggul ialah yang dipakai internet. Karena, sebagian besar situs browser, streaming video atau arus jalan raya data yang lain mengaplikasikan backbone dalam jaringannya.

Mereka terbagi dalam router jaringan serta switch yang dikaitkan terpenting oleh kabel serat optik (meskipun beberapa fragmen Ethernet pada link Backbone jalan raya ada juga). Tiap-tiap link serat pada Backbone umumnya menyiapkan 100 Gbps bandwidth jaringan . Computer jarang tersambung ke Backbone dengan cara langsung

Biasanya, jaringan backbone terbagi dalam router jaringan serta switch yang dikaitkan memakai Fiber optic. Tiap-tiap link Fiber Optic menyiapkan bandwidth sebesar 100 Gbps. Computer begitu jarang tersambung ke backbone dengan cara langsung. Demikian sebaliknya, penyedia layanan internet atau diketahui dengan Internet Service Provider tersambung langsung ke backbone jaringan serta computer otomatis tersambung ke backbone itu.

Jaringan backbone banyak dipakai sebab mempunyai potensi yang andal dalam menahan terjadinya bottleneck yang bisa menyerang server pusat. Umumnya, kabel yang dipakai adalah type fiber optic dengan kabel RG-58/8. Konektor yang dipakai seperto ST untuk fiber optic, BNC pada kabel RG-58 serta AUI pada kabel RG-8.

Jaringan backbone yang seringkali dipakai ialah jaringan yang menyiapkan infrastruktur yang memberi dukungan jaringan lokal yang tersambung dengan ruang pusat, di mana semua karyawan bisa share data dengan proses yang begitu cepat dan mudah. Diluar itu, jaringan backbone ikut seringkali diaplikasikan pada ruang universitas. Dengan membuat jaringan lokal yang digunakan pada tiap-tiap bangunan yang tersambung dengan skema terpusat hingga sangat mungkin terjadinya share data lewat interkoneksi jaringan, di mana semua jaringan berjalan dengan berdiri sendiri akan tetapi masih tetap bisa bertukar data dalam jaringan tersambung.

Demikian bahasan tentang pemahaman backbone, fungsinya serta bagaimanakah cara kerja backbone dalam jaringan. Dengan demikian, artikel di atas bisa meningkatkan wacana Sobat serta memberi rujukan buat Sobat yang akan bangun jaringan backbone.

COMMENTS

Nama

Adsense,1,Android,1,bisnis online,1,Fiber Optik,8,internet,4,internet broadband,6,Jaringan,1,jerawat,1,Kabel,7,Kabel LAN,2,Komponen,5,Kulit,1,Provider,3,Root,1,Sejarah,5,SEO,1,Serat Optik,9,Topology. LAN,3,Uang,2,USB,1,UTP,3,wajah,2,WIFI,1,
ltr
item
FiberOptikWire: Pengertian Backbone dan Fungsinya Cara Kerja Backbone dalam Jaringan
Pengertian Backbone dan Fungsinya Cara Kerja Backbone dalam Jaringan
Pengertian Backbone dan Fungsinya Serta Cara Kerja Backbone dalam Jaringan - Apakah itu backbone ? Mungkin arti itu terdengar asing buat orang pemula. Akan tetapi, buat orang yang sudah menekuni dalam dunia jaringan tentu seringkali dengar arti backbone bahkan juga sudah mengetahui seluk beluk backbone dalam jaringan.
https://4.bp.blogspot.com/-4PmPHUEEddI/XAzOv9lcW0I/AAAAAAAAX_w/v6tICI8EmOYER-vN-v4xZlsh6wl9fB8GwCLcBGAs/s400/Cara%2BKerja%2BBackbone%2Bdalam%2BJaringan.png
https://4.bp.blogspot.com/-4PmPHUEEddI/XAzOv9lcW0I/AAAAAAAAX_w/v6tICI8EmOYER-vN-v4xZlsh6wl9fB8GwCLcBGAs/s72-c/Cara%2BKerja%2BBackbone%2Bdalam%2BJaringan.png
FiberOptikWire
https://www.fiberoptikwire.com/2018/12/pengertian-backbone-dan-fungsinya-cara.html
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/2018/12/pengertian-backbone-dan-fungsinya-cara.html
true
3504741130112691726
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy