Pengertian Topologi Hybrid Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

SHARE:

Formasi beberapa unsur dalam satu jaringan dimaksud dengan arti topologi jaringan. Tidak hanya memastikan peletakan beberapa elemen jaringan, type topologi jaringan yang digunakan pada suatu jaringan memastikan pemetaan saluran data antar elemen dalam jaringan.

FiberOptikWire | Pengertian Topologi Hybrid Beserta Kelebihan dan Kekurangannya - Formasi beberapa unsur dalam satu jaringan dimaksud dengan arti topologi jaringan. Tidak hanya memastikan peletakan beberapa elemen jaringan, type topologi jaringan yang digunakan pada suatu jaringan memastikan pemetaan saluran data antar elemen dalam jaringan. Ada berbagai type topologi jaringan yang seringkali dipakai sekarang ini, baik untuk jaringan taraf kecil seperti di dalam rumah sampai untuk jaringan taraf besar seperti dalam perusahaan. Tiap-tiap topologi mempunyai karakter yang berlainan serta memiliki keunggulan serta kekurangannya sendiri.

keunggulan serta kekurangan topologi hybrid

Salah satunya topologi yang cukuplah popular ialah topologi hybrid

Type topologi jaringan diantaranya Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Mesh, Topologi Tree, serta Topologi Hybrid. Salah satunya topologi jaringan yang cukuplah banyak diaplikasikan pada jaringan bertaraf besar ialah Topologi Hybrid. Topologi Hybrid dibuat dari beberapa topologi serta tehnologi jaringan. Topologi ini seringkali dipakai oleh perusahaan yang menggantikan perusahaan lainnya. Karena saat jaringan dari ke-2 perusahaan itu mesti dikumpulkan, maka berlangsung penyatuan tehnologi serta topologi jaringan yang berlainan.

Menjadi kombinasi dari beberapa topologi jaringan, topologi Hybrid mempunyai banyak nilai plus. Tetapi masih saja topologi ini mempunyai kekurangan di banding type topologi jaringan lainnya. Pada artikel kesempatan ini, Nesabamedia akan mengulas sekitar pemahaman Topologi Hybrid bersama karakter, dan keunggulan serta kekurangan topologi ini.

Pemahaman Topologi Hybrid

Topologi Hybrid adalah penyatuan dari beberapa (dua atau lebih) topologi jaringan yang berlainan. Contohnya saat satu jaringan yang memakai topologi Ring, dipadukan dengan jaringan lainnya yang memakai topologi star; jadi topologi baru yang tercipta dari kombinasi ke-2 topologi jaringan ini dikatakan sebagai topologi Hybrid. Bila jaringan yang dipadukan mempunyai type topologi yang sama, jadi penyatuan ke-2 jaringan itu bukan topologi hybrid. Contohnya jaringan dengan topologi bus dipadukan dengan jaringan lainnya yang memakai topologi bus, jadi penyatuan ke-2 jaringan itu masih adalah topologi bus, bukan topologi hybrid.

pemahaman topologi hybrid


Pola topologi hybrid 

Topologi Hybrid memadukan dua atau lebih topologi jaringan yang berlainan demikian rupa, hingga topologi jaringan yang dibuat tidak merujuk pada standard topologi yang ada; tidak tampilkan karakter topologi spesifik. Topologi ini sering membuahkan tata letak topologi yang susah, susah dimengerti, karena menyatukan beberapa susunan topologi. Meski begitu pemakaian topologi ini jarang memunculkan permasalahan.

Karakter Topologi Hybrid 

Topology Hybrid tidak mempunyai karakter spesial, karena adalah penyatuan dari beberapa topologi. Topologi hybrid akan membawa karakter topologi asal yang membangunnya. Misalnya bila topologi hybrid di salah satunya perusahaan adalah kombinasi dari topologi star, topologi ring, serta topologi bus; jadi topologi hybrid pada jaringan itu mempunyai karakter bawaan dari topologi ring, star, serta bus.

Keunggulan serta Kekurangan Topologi Hybrid 

Sama dengan topologi yang lain, topologi jaringan hybrid ikut tidak prima. Topologi ini mempunyai beberapa keunggulan serta kekurangan seperti berikut:

Keunggulan Topologi Hybrid 

Bisa menjadikan satu dua atau lebih topologi jaringan yang berlainan.
Fleksibel serta efektif; bisa diaplikasikan pada lingkungan jaringan yang berlainan, tiada butuh mengubah topologi jaringan yang sudah tercipta awal mulanya. Diluar itu bisa kurangi ruang jaringan yang terbuang.
Kustomisasi, sangat mungkin rekonsilasi langkah penyusunan jaringan untuk sampai arah spesifik.
Saluran data bisa kerja dengan prima walau berjalan dalam beberapa jalan raya jaringan yang berlainan karena menggabungkan beberapa konfigurasi topologi jaringan yang berlainan.
Begitu gampang untuk meningkatkan node atau koneksi peripheral baru, walau topologi jaringan berlainan.
Saat salah satunya link dalam jaringan alami masalah, sisi link jaringan yang lain akan tidak turut alami masalah.
Kecepatan jaringan berkelanjutan karena menyatukan keunggulan serta menghilangkan kekurangan semasing topologi jaringan.

Kekurangan Topologi Hybrid 

Pengendalian jaringan condong susah, sebab penyatuan beberapa topologi mengakibatkan susunan jaringan jadi susah serta sulit dimengerti.
Cost untuk bangun topologi ini cukuplah mahal, karena memakai banyak hub serta kabel untuk menghubungkan jaringan.
Cost perawatan jaringan ikut cukuplah mahal. Hub mesti selalu kerja walau salah satunya node dalam jaringan tidak kerja, karena hub mesti mengurus beberapa macam jaringan sekaligus juga.
Instalasi serta konfigurasi jaringan susah, karena mesti menghubungkan beberapa topologi yang berlainan serta pada saat yang juga sama mesti pastikan semua node berperan dengan baik.

Piranti Jaringan dalam Topologi Hybrid 

1. Hub

Hub adalah satu piranti jaringan yang berperan untuk menghubungkan semua computer dalam jaringan. Hub adalah titik pusat jaringan yang berperan untuk terima tanda dari satu unit computer selanjutnya mentransfer tanda itu kekomputer yang lain. Hub dapat juga memperkuat tanda yang ditransmisikan lewat kabel UTP.

Hub mempunyai banyak port, lewat port ini beberapa computer bisa dikaitkan memakai konektor RJ45. Jumlahnya computer yang bisa tersambung, tergantung jumlahnya port pada hub itu. Hub dengan hub lainnya dapat juga sama-sama tersambung, hingga sangat mungkin menambahkan jumlahnya computer yang tersambung dalam jaringan. Ada dua type Hub yang dipakai dalam topologi jaringan Hybrid, yakni:

  1. Hub pasif: cuma berperan menjadi pembagi jaringan. 
  2. Hub aktif: berperan menjadi penghubung dan penguat tanda dalam jaringan. 

2. Switch 

Switch mempunyai manfaat yang serupa dengan Hub, yakni menjadi penghubung dalam jaringan. Akan tetapi berlainan dengan hub, lingkup luas jaringan dari switch semakin besar. Diluar itu switch mempunyai kecepatan yang tambah tinggi dibanding hub. Switch kerja pada layer 2 serta layer 3 jaringan, memastikan kemana paket data akan di kirim atau di terima berdasar pada alamat MAC pada NIC (Network Interface Card). Skema ini mengindarkan terjadinya collision (tabrakan data) pada jalan data dalam jaringan.

Tidak hanya Hub serta Switch, topologi ini pula memakai piranti jaringan lainnya yang dipakai pada topologi jaringan yang digabungkannya. Contohnya router, acces poin, LAN Card atau Wireless Card, serta semacamnya. Kabel jaringan yang dipakai pada topologi ini pula tergantung beberapa jenis topologi jaringan yang bangun topologi hybrid ini.

Semoga Artikel Pengertian Topologi Hybrid Beserta Kelebihan dan Kekurangannya bisa bermanfaat jangan lupa like dan share guys.!!

COMMENTS

Nama

Adsense,1,Android,1,bisnis online,1,Fiber Optik,8,internet,4,internet broadband,6,Jaringan,1,jerawat,1,Kabel,7,Kabel LAN,2,Komponen,5,Kulit,1,Provider,3,Root,1,Sejarah,5,SEO,1,Serat Optik,9,Topology. LAN,3,Uang,2,USB,1,UTP,3,wajah,2,WIFI,1,
ltr
item
FiberOptikWire: Pengertian Topologi Hybrid Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi Hybrid Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Formasi beberapa unsur dalam satu jaringan dimaksud dengan arti topologi jaringan. Tidak hanya memastikan peletakan beberapa elemen jaringan, type topologi jaringan yang digunakan pada suatu jaringan memastikan pemetaan saluran data antar elemen dalam jaringan.
https://4.bp.blogspot.com/-jrkz87P1raw/XAuqjmn-h6I/AAAAAAAAX-Q/OepsGnUwEeMpzHx91nRbsTAuhr9DzaXXgCLcBGAs/s640/Topology%2BHybrid.png
https://4.bp.blogspot.com/-jrkz87P1raw/XAuqjmn-h6I/AAAAAAAAX-Q/OepsGnUwEeMpzHx91nRbsTAuhr9DzaXXgCLcBGAs/s72-c/Topology%2BHybrid.png
FiberOptikWire
https://www.fiberoptikwire.com/2018/12/PengertianTopologiHybridBesertaKelebihanKekurangannya.html
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/2018/12/PengertianTopologiHybridBesertaKelebihanKekurangannya.html
true
3504741130112691726
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy