Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Komponennya

SHARE:

Apakah itu fiber optik? Pemahaman Fiber Optik ialah satu type kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang begitu halus, serta dipakai menjadi alat transmisi sebab bisa mentransmisikan tanda sinar dari satu tempat ke tempat yang lain dengan kecepatan tinggi.

Apakah itu fiber optik? Pemahaman Fiber Optik ialah satu type kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang begitu halus, serta dipakai menjadi alat transmisi sebab bisa mentransmisikan tanda sinar dari satu tempat ke tempat yang lain dengan kecepatan tinggi.

Ukuran fiber optik ini begitu kecil serta halus (diameternya cuma 120 mikrometer), bahkan juga lebih kecil dari helaian rambut manusia. Elemen jaringan ini mempunyai kecepatan transmisi yang tinggi dengan memakai pembiasan sinar menjadi prinsip kerjanya. Sumber sinar yang dipakai untuk proses transmisi ialah laser atau LED.



Fiber optik atau serat optik jadi salah satunya elemen yang cukuplah popular dii dunia telekomunikasi akhir-akhir ini. Masalahnya kabel jaringan itu mempunyai kecepatan akses yang tinggi hingga banyak dipakai menjadi aliran komunikasi.

Jenis-Jenis Kabel Fiber Optik

Sesudah mengerti apakah pemahaman fiber optik, setelah itu kita ikut butuh tahu apa macamnya. Fiber optik dibedakan jadi dua type yang didasarkan pada model transmisinya. Mengenai type fiber optik yakni:

1. Fiber Optik Single Model 

Kabel fiber optik single model yakni kabel jaringan yang mempunyai transmisi tunggal, hingga cuma dapat sebarkan cahayanya cuma lewat satu pokok pada suatu waktu.

Type fiber optik ini mempunyai pokok memiliki ukuran kecil dengan diameter seputar 9 mikrometer yang dipakai untuk mentransmisikan gelombang sinar dari cahaya inframerah dengan panjang gelombang 1300-1550 nanometer.

2. Fiber Optik Multimode 

Kabel fiber optik multimode adalah kabel yang bisa mentransmisikan banyak cahayan dalam tempo bertepatan sebab mempunyai ukuran pokok besar yang mempunyai diameter seputar 625 mikrometer.

Kabel type ini umumnya dipakai untuk kepentingan komersial yang biasanya dibuka beberapa orang. Fiber optik ini mengirim cahaya inframerah yang mempunyai panjang 850-1300 nanometer.

Type Kabel Fiber Optik 

Di bawah ini ialah beberapa type kabel fiber optik yang umum dipakai: 

  1. Tight Buffer (Indoor/Outdoor) 
  2. Breakout Cable (Indoor/Outdoor) 
  3. Aerial Cable/Self-Supporting 
  4. Hybrid & Composite Cable 
  5. Armored Cable 
  6. Low Smoke Zero Halogen (LSZH) 
  7. Simplex cable 
  8. Zipcord cable

VariabelSingle-ModeMulti-Mode
Besar diameter core5-10 mikrometer50, 62.5 dan 100 mikrometer
Jenis cahayaLaser infraredLED
Banyak pancaran cahayaSatuBeberapa
Jenis pancaran cahaya1319 dan 1510 Nanometer850 dan 1300 nanometer

Jarak pancaran cahaya
30-100 kilometer500 meter - 2 Kilometer
BandwidthUp to 10 GbpsUp to 1Gbps
BiayaCenderung lebih mahalCenderung lebih murah

Manfaat Fiber Optik / Serat Optik 

Merujuk pada pemahaman fiber optik diatas, manfaat serat optik pada intinya sama dengan kabel yang lain, yakni untuk menghubungkan antar computer pada suatu jaringan computer. 

Letak ketidaksamaan pada fiber optik dengan type kabel yang lain ialah kekuatannya dalam memberi kecepatan tinggi dalam soal akses serta transfer data. Diluar itu, serat optik ikut tidak alami masalah elektromagnetik seperti dalam kabel yang lain sebab pada kabel ini tidak ada arus listrik. 

Tidak hanya sebab keunggulan fiber optik itu proses instalasi harus juga dikerjakan oleh beberapa pakar hingga membuat cost instalasinya jadi tambah mahal. Biasanya perusahaan operator telekomunikasi lebih pilih menggunakan kabel fiber optik sebab beberapa keunggulannya itu.

Komponen Fiber Optik

Fiber optik terbagi dalam bagian-bagian yang mempunyai manfaat semasing. Di bawah ini ialah bagian-bagian kabel fiber optic:


1. Sisi Inti (Core) 

Sisi pokok fiber optik terbuat berbahan kaca dengan diameter yang begitu kecil (diamaternya seputar 2 μm sampai 50 μm). Diameter serat optik yang semakin besar akan membuat perform yang lebih baik serta konstan. 

2. Sisi Cladding 

Sisi cladding ialah sisi pelindung yang langsung menyelimutinya serat optik. Umumnya ukuran cladding ini berdiameter 5 μm sampai 250 μm. 

Cladding terbuat berbahan silikon, serta formasi berbahan berlainan dengan sisi core. Tidak hanya membuat perlindungan core, cladding ikut berperan menjadi pemandu gelombang sinar yang mencerminkan semua sinar tembus kembali pada core. 

3. Sisi Coating / Buffer 

Sisi coating ialah mantel dari serat optik yang berlainan dari cladding serta core. Susunan coating ini terbuat berbahan plastik yang elastis. 

Coating berperan menjadi susunan pelindung dari semua masalah fisik yang mungkin berlangsung, contohnya lengkungan pada kabel, kelembapan hawa dalam kabel. 

4. Sisi Strength membran & Outer Jacket 

Susunan ini adalah sisi yang begitu penting sebab jadi pelindung penting dari satu kabel fiber optik. Susunan strength anggota serta outer jacket ialah sisi terluar dari fiber optik yang membuat perlindungan pokok kabel dari beberapa masalah fisik dengan cara langsung.

Prinsip Kerja Fiber Optik 

Seperti yang sudah disinggung pada sub-bab pemahaman fiber optik diatas jika prinsip kerja dari kabel ini berlainan dengan kabel biasanya. Pada umumnya kabel, data ditransmisikan memakai saluran listrik, akan tetapi pada fiber optik memakai saluran sinar yang dikonversikan dari saluran listrik hingga akan tidak terganggu oleh terdapatnya gelombang elektromagnetik. 

Fiber optik manfaatkan serat kaca menjadi bahan penyusunnya untuk memperoleh refleksi atau pantulan sinar keseluruhan yang tinggi dari cermin itu hingga data akan ditransmisikan secara cepat pada jarak yang tidak hanya terbatas. Pantulan itu didapat lewat sinar yang berjalan pada serat kaca dengan pojok yang rendah. 

Diluar itu, dalam proses kerjanya, efisiensi dari pantulan sinar di pengaruhi oleh kemurnian bahan fiber optik di mana makin murni bahan gelas yang dipakai jadi penyerapan sinar yang makin dikit oleh fiber optik. Kurangnya penyerapan itu akan membuahkan pantulan sinar yang tinggi. 

Keunggulan serta Kekurangan Fiber Optik 

Seperti yang sudah dijelaskan pada keterangan pemahaman fiber optik diatas, kabel ini mempunyai keunggulan sendiri dibanding type kabel yang lain. Akan tetapi, tidak hanya mempunyai keunggulan, kabel serat optik ikut mempunyai kekurangan. 

1. Keunggulan Fiber Optik 

Mempunyai kecepatan transmisi yang tinggi dengan kemampuan sampai 1 GB/detik 
Bisa mentransmisikan data dengan jarak yang cukuplah jauh tanpa pertolongan penguat tanda 
Berbahan terbuat dari kaca serta plastik hingga tahan pada karat 
Ukuran kabel begitu kecil serta fleksibel 
Kabel ini manfaatkan gelombang sinar hingga tidak terganggu oleh terdapatnya gelombang elektromagnetik seperti gelombang radio 
Fiber optik tidak memiliki kandungan saluran listrik hingga menahan terjadinya kebakaran karena konsleting 
Mempunyai keamanan tinggi sebab minim distorsi 

2. Kekurangan Fiber Optik 

Cost instalasi serta perawatan condong tambah mahal dibanding type kabel yang lain 
Memerlukan sumber sinar yang kuat 
Kabel mesti dipasang dengan jalan berbelok untuk mengoptimalkan kecepatan serta kelancaran transmisi sinar 
Simak juga: Pemahaman DBMS / Database Management Sistem 

Demikian keterangan komplet sekitar pemahaman fiber optik, langkah kerja dan kekurangan serta keunggulannya dii dunia telekomunikasi. Walau memerlukan cost yang cukuplah kuras kantong untuk instalasi, akan tetapi perihal ini begitu di dukung oleh kualitas jaringan yang super cepat serta bertahan lama yang begitu baik dipakai untuk pekerjaan komersial.

COMMENTS

Nama

Adsense,1,Android,1,bisnis online,1,Fiber Optik,8,internet,4,internet broadband,6,Jaringan,1,jerawat,1,Kabel,7,Kabel LAN,2,Komponen,5,Kulit,1,Provider,3,Root,1,Sejarah,5,SEO,1,Serat Optik,9,Topology. LAN,3,Uang,2,USB,1,UTP,3,wajah,2,WIFI,1,
ltr
item
FiberOptikWire: Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Komponennya
Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Komponennya
Apakah itu fiber optik? Pemahaman Fiber Optik ialah satu type kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang begitu halus, serta dipakai menjadi alat transmisi sebab bisa mentransmisikan tanda sinar dari satu tempat ke tempat yang lain dengan kecepatan tinggi.
https://1.bp.blogspot.com/-tJQVTOxzbVM/Wuxt2HDbDLI/AAAAAAAAT2Y/pO-9OTuRzTAV1RFwgi5B5AD16Iwgn6zwgCPcBGAYYCw/s640/Kabel%2BFiber%2BOptik.PNG
https://1.bp.blogspot.com/-tJQVTOxzbVM/Wuxt2HDbDLI/AAAAAAAAT2Y/pO-9OTuRzTAV1RFwgi5B5AD16Iwgn6zwgCPcBGAYYCw/s72-c/Kabel%2BFiber%2BOptik.PNG
FiberOptikWire
https://www.fiberoptikwire.com/2018/11/pengertian-fiber-optik-fungsi-jenis.html
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/2018/11/pengertian-fiber-optik-fungsi-jenis.html
true
3504741130112691726
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy