Sejarah Fiber Optik

SHARE:

pada tahun 1790-an, French Chappe brothers menemukan "telegraf optik" yang pertama. Itu adalah sistem yang terdiri dari serangkaian lampu yang dipasang di menara di mana operator akan menyampaikan pesan dari satu menara ke menara berikutnya. Sampai abad berikutnya, langkah besar dibuat dalam ilmu optik.

Sejarah Fiber Optik | FiberOptikWire - Sejak zaman Romawi, cikal bakal fiber optic sudah mulai muncul. Namun, baru pada tahun 1790-an, French Chappe brothers menemukan "telegraf optik" yang pertama. Itu adalah sistem yang terdiri dari serangkaian lampu yang dipasang di menara di mana operator akan menyampaikan pesan dari satu menara ke menara berikutnya. Sampai abad berikutnya, langkah besar dibuat dalam ilmu optik.

History of Fiber Optics


John Tyndall, fisikawan Inggris,
menunjukkan bahwa sinyal cahaya
dapat dibengkokkan.
Pada tahun 1840-an, fisikawan Daniel Collodon dan Jacques Babinet menunjukkan bahwa cahaya bisa
diarahkan bersama jet air untuk menampilkan air mancur. Pada 1854, John Tyndall, seorang fisikawan Inggris, menunjukkan bahwa cahaya dapat bergerak melalui aliran air yang melengkung sehingga membuktikan bahwa sinyal cahaya dapat dibengkokkan. Dia membuktikan ini dengan menyiapkan tangki air dengan pipa yang keluar dari satu sisi. Ketika air mengalir dari pipa, ia menyinari cahaya ke dalam tangki ke dalam aliran air. Ketika air jatuh, busur cahaya mengikuti air ke bawah.

Alexander Graham Bell mematenkan sistem telepon optik yang disebut photophone pada tahun 1880. Penemuan sebelumnya, yaitu telepon, terbukti lebih realistis. Pada tahun yang sama, William Wheeler menemukan sistem pipa cahaya yang dilapisi dengan lapisan yang sangat reflektif yang menerangi rumah dengan menggunakan cahaya dari lampu busur listrik yang ditempatkan di ruang bawah tanah dan mengarahkan cahaya ke sekeliling rumah dengan pipa.

Dokter Roth dan Reuss, dari Wina, menggunakan batang kaca yang dibengkokan untuk menerangi rongga tubuh pada tahun 1888. Insinyur Perancis Henry Saint-Rene merancang sistem batang kaca yang ditekuk untuk memandu gambar cahaya tujuh tahun kemudian dalam upaya awal di televisi. Pada tahun 1898, American David Smith mengajukan permohonan paten pada iluminator gigi menggunakan batang kaca melengkung.

Pada tahun 1920-an, John Logie Baird mematenkan gagasan menggunakan array batang transparan untuk mengirimkan gambar untuk televisi dan Clarence W. Hansell melakukan hal yang sama untuk faksimili. Heinrich Lamm, adalah orang pertama yang mengirimkan gambar melalui seikat serat optik pada tahun 1930. Itu adalah gambar filamen bola lampu. Tujuannya adalah untuk melihat ke dalam bagian tubuh yang tidak dapat diakses, tetapi kebangkitan Nazi memaksa Lamm, untuk pindah ke Amerika dan meninggalkan mimpinya menjadi seorang profesor kedokteran. Usahanya untuk mengajukan paten ditolak karena paten Inggris Hansell.

Pada tahun 1951, Holger Moeller mengajukan permohonan paten Denmark pada pencitraan serat optik di mana ia mengusulkan kaca cladding atau serat plastik dengan bahan indeks rendah transparan, tetapi ditolak karena paten Baird dan Hansell. Tiga tahun kemudian, Abraham Van Heel dan Harold H. Hopkins mempresentasikan bundel pencitraan dalam British journal Nature pada waktu yang terpisah. Van Heel kemudian menghasilkan sistem serat berlapis yang sangat mengurangi gangguan sinyal dan crosstalk antar serat.

Juga pada tahun 1954, "maser" dikembangkan oleh Charles Townes dan rekan-rekannya di Universitas Columbia. Maser singkatan dari "microwave amplification by stimulated emission of radiation."


Sketsa sistem telepon
oleh Alexander Graham Bell.
Bell mematenkan sistem telepon optik
yang membantu kemajuan teknologi optik.
Laser diperkenalkan pada tahun 1958 sebagai sumber cahaya yang efisien. Konsep ini diperkenalkan oleh Charles Townes dan Arthur Schawlow untuk menunjukkan bahwa maser dapat dibuat untuk beroperasi di daerah optik dan inframerah. Pada dasarnya, cahaya dipantulkan bolak-balik dalam media yang berenergi untuk menghasilkan cahaya yang diperkuat sebagai lawan dari molekul gas yang diperkuat untuk menghasilkan gelombang radio, seperti halnya dengan maser. Laser adalah singkatan dari "light amplification by stimulated emission of radiation."

Pada tahun 1960, laser gas helium-neon pertama yang beroperasi secara kontinyu diciptakan dan diuji. Pada tahun yang sama sebuah laser ditemukan dapat dioperasikan menggunakan kristal ruby merah muda sintetis sebagai medium dan menghasilkan denyut cahaya.

Pada tahun 1961, Elias Snitzer of American Optical menerbitkan deskripsi teoretis tentang serat mode tunggal yang intinya akan sangat kecil sehingga dapat membawa cahaya hanya dengan satu mode pemandu gelombang. Snitzer mampu menunjukkan laser yang diarahkan melalui serat kaca tipis yang cukup untuk aplikasi medis, tetapi untuk aplikasi komunikasi, cahaya yang dihantarkan akan semakin redup atau hilang.

Charles Kao dan George Hockham, dari Standard Communications Laboratories di Inggris, menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1964 yang menunjukkan, secara teoritis, bahwa kehilangan cahaya pada serat kaca yang ada dapat menurun secara dramatis dengan menghilangkan kotoran – kotaran yang ada pada serat kaca.

Pada tahun 1970, pembuatan serat mode tunggal dengan redaman kurang dari 20dB / km dicapai oleh para ilmuwan di Corning Glass Works. Ini dicapai melalui doping silika kaca dengan titanium. Juga pada tahun 1970, Morton Panish dan Izuo Hayashi dari Bell Laboratories, bersama dengan kelompok dari Ioffe Physical Institute di Leningrad, menunjukkan laser dioda semikonduktor yang mampu memancarkan gelombang terus menerus pada suhu ruangan.

Pada tahun 1973, Bell Laboratories mengembangkan proses pengendapan uap kimia yang dimodifikasi yang memanaskan uap kimia dan oksigen untuk membentuk kaca ultra-transparan yang dapat diproduksi secara massal menjadi serat optik dengan redaman (hambatan cahaya) rendah. Proses ini masih tetap standar untuk manufaktur kabel serat optik.

Laser gas helium-neon (He-Ne)
diuji dalam pengaturan laboratorium.
Tabung laser terbuat dari kaca timah - gelas
yang sama digunakan dalam lampu neon. Gambar milik J & K Laser.
Link serat optik non-eksperimental pertama dipasang oleh polisi Dorset (Inggris) pada tahun 1975. Dua tahun kemudian, lalu lintas telepon langsung pertama melalui serat optik terjadi di Long Beach, California.

Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, perusahaan telepon mulai menggunakan serat secara ekstensif untuk membangun kembali infrastruktur komunikasi mereka.

Sprint didirikan di jaringan serat optik nasional pertama, 100 persen digital pada pertengahan 1980-an.

Penguat serat erbium-doped, yang mengurangi biaya sistem serat jarak jauh dengan menghilangkan kebutuhan terhadap pengulang optik-listrik-optik, ditemukan pada tahun 1986 oleh David Payne dari Universitas Southampton dan Emmanuel Desurvire di Bell Labratories. Berdasarkan teknologi amplifikasi laser Desurvire yang dioptimalkan, kabel telepon transatlantik pertama mulai beroperasi pada tahun 1988.

Pada tahun 1991, Desurvire dan Payne mendemonstrasikan penguat optik yang dibangun ke dalam kabel serat optik itu sendiri. Sistem all-optic dapat membawa informasi 100 kali lebih banyak daripada kabel dengan amplifier elektronik. Juga pada tahun 1991, serat kristal fotonik dikembangkan. Serat ini memandu cahaya dengan cara difraksi dari struktur periodik ketimbang refleksi internal total yang memungkinkan daya untuk dibawa lebih efisien kemudian dengan serat konvensional sehingga meningkatkan performa dari serat optic


Ilmuwan militer telah menggunakan teknologi laser
untuk berbagai aplikasi militer.
Kabel serat optik pertama, TPC-5, yang menggunakan amplifier optik diletakkan di Samudra Pasifik pada tahun 1996. Tahun berikutnya, Jaringan Serat Optik Di Sekitar Dunia (FLAG) menjadi jaringan kabel tunggal terpanjang di dunia dan menyediakan infrastruktur untuk aplikasi Internet generasi berikutnya.

Saat ini, berbagai industri termasuk industri medis, militer, telekomunikasi, industri, penyimpanan data, jaringan, dan penyiaran dapat menerapkan dan menggunakan teknologi serat optik dalam berbagai aplikasi..

COMMENTS

Nama

Adsense,1,Android,1,bisnis online,1,Fiber Optik,8,internet,4,internet broadband,6,Jaringan,1,jerawat,1,Kabel,7,Kabel LAN,2,Komponen,5,Kulit,1,Provider,3,Root,1,Sejarah,5,SEO,1,Serat Optik,9,Topology. LAN,3,Uang,2,USB,1,UTP,3,wajah,2,WIFI,1,
ltr
item
FiberOptikWire: Sejarah Fiber Optik
Sejarah Fiber Optik
pada tahun 1790-an, French Chappe brothers menemukan "telegraf optik" yang pertama. Itu adalah sistem yang terdiri dari serangkaian lampu yang dipasang di menara di mana operator akan menyampaikan pesan dari satu menara ke menara berikutnya. Sampai abad berikutnya, langkah besar dibuat dalam ilmu optik.
https://2.bp.blogspot.com/-W62dcWA4SOs/WunWcysCaKI/AAAAAAAAT0c/CQ8zQ1kTkHUnpvJNiNFIAXU1-narNPXkwCLcBGAs/s200/John%2BTyndall%2Bsejarah%2Bfiber%2Boptik.PNG
https://2.bp.blogspot.com/-W62dcWA4SOs/WunWcysCaKI/AAAAAAAAT0c/CQ8zQ1kTkHUnpvJNiNFIAXU1-narNPXkwCLcBGAs/s72-c/John%2BTyndall%2Bsejarah%2Bfiber%2Boptik.PNG
FiberOptikWire
https://www.fiberoptikwire.com/2018/05/sejarah-fiber-optik.html
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/
https://www.fiberoptikwire.com/2018/05/sejarah-fiber-optik.html
true
3504741130112691726
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy