Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap!

SHARE:

Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap! - Fiber Optik Adalah Teknologi yang menggunakan helai kaca (serat) untuk mengirimkan data. Kabel serat optik terdiri dari sekumpulan benang kaca, yang masing-masingnya mampu mentransmisikan pesan yang dimodulasi ke gelombang cahaya.Jika Sobat pernah melihat salah satu hiasan berikut di rumah Sobat atau ditempat lain, maka Sobat telah melihat kabel konsep dasar dari serat optik.

Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap! | FiverOptikWire - Serat optik adalah metode untuk berkomunikasi menggunakan cahaya. Ini adalah salah satu metode komunikasi tercepat yang sudah dikembangkan oleh manusia.

Ada banyak peneliti yang berperan dalam Penemuan Fiber Optik dari 1880 hingga saat ini. Pada tahun 1977, sebuah kota kecil di Italia, dengan nama Torino, adalah Kota pertama untuk mendapatkan sistem komunikasi serat optik metropolitan.

Penampakan Kabel Fiber Optik
Saat ini teknologi telah dikembangkan untuk menyediakan kecepatan transfer data 1 Petabit per detik. Untuk menempatkan itu dalam perspektif, kecepatan semacam itu akan memungkinkan Sobat untuk mentransfer 5.000 film HD dalam satu detik.

Pada artikel kali ini, kita akan diperkenalkan dengan konsep komunikasi serat optik. Saya juga akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan paling umum yang mungkin Sobat miliki tentang topik ini.

Baca Juga : Sejarah Fiber Optik

Apa itu Fiber Optik (Serat Optik)?

Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap! - Fiber Optik Adalah Teknologi yang menggunakan helai kaca (serat) untuk mengirimkan data. Kabel serat optik terdiri dari sekumpulan benang kaca, yang masing-masingnya mampu mentransmisikan pesan yang dimodulasi ke gelombang cahaya.
Jika Sobat pernah melihat salah satu hiasan berikut di rumah Sobat atau ditempat lain, maka Sobat telah melihat kabel konsep dasar dari serat optik. Cahayanya lebih terang di bagian akhir karena itu adalah ujung kabel yang terbuka. Prinsip transmisi cahaya yang sama juga digunakan untuk mentransfer data, sehingga memunculkan bidang komunikasi baru.

Lampu Cahaya Kinclong
Sementara kabel Fiber Optik yang digunakan untuk komunikasi yang sebenarnya sedikit berbeda dari lampu diatas. Fiber Optik dilindungi dalam kabel tebal dan diproduksi menggunakan proses khusus untuk meningkatkan daya Tahan Kabel Serat Optik tersebut.


Komunikasi serat optik adalah metode Pengiriman data dalam bentuk cahaya menggunakan kabel khusus, atau serat (fiber), yang terbuat dari kaca.Sementara Sumber cahaya biasanya berupa laser atau LED.

Bayangkan saja tabung fleksibel yang seluruhnya terbuat dari cermin silinder. Coba ambil senter dan pasang melalui salah satu ujung tabung. Cahaya yang masuk ke tabung hampir seluruhnya diterima di ujung lain. Prinsip ini adalah dasar dari refleksi internal total.

Ilustrasi Proses Pemantulan Cahaya dalam Kaber Fiber Optik
Kabel serat optik terbuat dari kaca, bukan cermin. Tabung kaca ini sangat tipis dan fleksibel. kaca akan membawa cahaya dari satu ujung ke ujung yang lain bahkan jika mereka ditekuk atau dibengkokkan. Lihat Ilustrasi diatas cahaya tetap memantul dengan baik saat ditekuk pada derajat tertentu.

Apa Fiber Optik lebih baik daripada tembaga?

Tentu Iya, Karena menggunakan cahaya untuk mentransfer data melalui kabel berongga, tidak akan mengalami berbagai jenis hambatan yang akan ditemui oleh sinyal listrik yang melewati kawat logam. Ini berarti lebih sedikit daya yang digunakan dan tidak ada pembuangan panas.

Faktor yang paling berpengaruh yang mengalahkan kabel Tembaga dibandingkan kabel serat optik adalah fakta bahwa fiber optik memiliki bandwidth yang besar. Bayangkan Sobat berada di jalan raya. Pikirkan bandwidth sebagai jalur jalan raya. Dalam kawat tembaga, sinyal listrik dapat memiliki, katakanlah, jalan raya dengan 5 lajur. Dalam kabel serat optik, sinyal cahaya dapat memiliki 100 jalur jalan raya. Sehingga memungkinkan lebih banyak transmisi data, sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih cepat.

Konektivitas Fiber Optik ke Setiap Rumah

Mengganti semua jaringan kawat tembaga tradisional dengan serat optik. Itu akan terjadi secara bertahap. Kemungkinannya adalah ISP Sobat (Internet Service Provider), memiliki jaringan serat optik yang luas di daerah Sobat, tetapi tidak sampai ke rumah Sobat. kabel terakhir yang menuju kerumah sobat dari banyak jaringan komunikasi serat optik biasanya adalah tembaga. Dalam bahasa sederhana, ini berarti bahwa koneksi Sobat adalah kombinasi antara Kabel Fiber Optik dan Kabel Tembaga. Jaringan serat optik mencapai area pemukiman Sobat dan kemudian bercabang ke kawat tembaga. Kabel tembaga ini kemudian menyediakan konektivitas ke masing-masing tempat tinggal / kantor. Koneksi semacam ini disebut Fiber To The Node (FTTN).



Sobat mungkin ingat mempelajari tentang optik di sekolah. Jika tidak, Sobat harus ingat eksperimen di mana Sobat menggunakan prisma untuk membuat cahaya dengan berbagai warna. Fenomena pemisahan cahaya putih menjadi konstituennya dikenal sebagai Dispersi (Dispersi adalah peristiwa penguraian cahaya polikromatik (putih) menjadi cahaya-cahaya monokromatik (me, ji, ku, hi, bi, ni, u) pada prisma lewat pembiasan atau pembelokan). Konsep refleksi dan pembiasan cahaya didasarkan pada teori yang dikenal sebagai teori Ray atau geometrik optik, di mana gelombang cahaya dianggap sebagai gelombang dan diwakili dengan garis geometris atau sinar sederhana.

Experimen Kaca Prisma

Hukum dasar teori sinar / optik geometrik


Hukum dasar teori sinar cukup jelas

  • Dalam medium yang homogen, sinar cahaya adalah garis lurus.
  • Cahaya dapat diserap atau dipantulkan
  • Sinar pantulan terletak pada bidang insidensi dan sudut insidensi akan sama dengan sudut pantulan.
  • Pada batas antara dua media dari indeks refraktif yang berbeda, sinar bias akan terletak pada bidang insidensi. 
  • Hukum Snell akan memberikan hubungan antara sudut insidensi dan pembiasan.

Refleksi atau Pantulan cahaya

Hukum Refleksi menyatakan bahwa sudut insiden harus sama dengan sudut refleksi.
    Refleksi tergantung pada jenis permukaan di mana cahaya itu terjadi. Kondisi penting untuk refleksi terjadi dengan permukaan glossy adalah bahwa sudut yang dibuat oleh sinar cahaya insiden dengan normal pada titik kontak harus sama dengan sudut refleksi dengan yang normal.

    Gambar yang dihasilkan dari refleksi ini memiliki sifat yang berbeda sesuai dengan bentuk permukaannya. Misalnya, untuk cermin datar, gambar yang dihasilkan tegak, memiliki ukuran yang sama dengan objek dan sama-sama menjauhkan dari permukaan cermin sebagai objek nyata. Namun, sifat-sifat cermin parabola berbeda dan seterusnya.

    Pembiasan cahaya


    Refraksi adalah pembengkokan cahaya dalam media tertentu karena kecepatan cahaya dalam medium itu. Kecepatan cahaya dalam medium apa pun dapat diberikan oleh

     v = \ frac {c} {n}

    Di sini n adalah indeks refraktif dari medium itu. Ketika sinar cahaya terjadi pada antarmuka dua media dengan indeks refraktif yang berbeda, ia akan membelok ke arah atau menjauh dari normal tergantung pada indeks bias media.

    Sudut Kritis

    Ketika sudut pembiasan 90 derajat ke normal, sinar biasnya sejajar dengan antarmuka antara dua media. Dalam hal ini, sudut insiden disebut sebagai sudut kritis.

    Penting untuk mengetahui tentang hal ini karena refleksi juga mungkin terjadi bahkan jika permukaan tidak reflektif. Jika sudut insiden lebih besar dari sudut kritis untuk pengaturan yang diberikan, jenis refleksi yang dihasilkan disebut Total Internal Reflection, dan itu adalah dasar Komunikasi Serat Optik.
    Demonstrasi refleksi internal total di dalam batang kaca silinder

    Sudut penerimaan

    Dalam serat optik, sinar cahaya mengalami pembiasan pertama pada saat memasuki core optik. Sudut pembiasan ini sangat penting karena sudut khusus ini akan menentukan apakah refleksi internal berikutnya akan mengikuti prinsip Total Internal Reflection. Sudut ini, di mana sinar pertama menemukan core dari serat optik dan disebut sebagai sudut Penerimaan.

    Nomor Bukaan (Apeture)

    Nomor Apeture (bukaan) adalah karakteristik dari setiap sistem optik. Misalnya, foto-detektor, serat optik, lensa, dll. Semua sistem optik. Nomor bukaan adalah kemampuan sistem optik untuk mengumpulkan semua insiden cahaya di dalamnya, di satu area.
    Kerucut biru dikenal sebagai kerucut penerimaan. Seperti yang Sobat lihat ini tergantung pada Sudut Penerimaan dari serat optik. Gelombang cahaya dalam kerucut penerimaan dapat dikumpulkan di area kecil yang kemudian dapat dikirim ke serat optik (sumber)
    Ini adalah beberapa prinsip dasar yang harus Sobat ketahui sebelum kita melangkah lebih jauh. Sobat belum perlu tahu semua rumusnya dulu. Tujuan artikel ini adalah untuk membantu Sobat meninjau kembali konsep-konsep dasar ini dari teori Sinar Ray.

    Teori sinar Ray tidak mempertimbangkan sifat gelombang dari gelombang cahaya. Jadi untuk lebih memahami perilaku cahaya dalam serat optik, kami menggunakan teori lain yang disebut teori Mode.

    Harap dicatat bahwa teori mode adalah bagian dari teori cahaya elektromagnetik yang kita gunakan untuk memahami perilaku cahaya dalam kabel serat optik. Ia tidak memiliki serangkaian hipotesis sendiri.

    Sebelum memulai, mari kita bicara tentang gelombang. Ketika dua gelombang dengan frekuensi dan amplitudo yang sama bergerak ke arah yang berlawanan bertemu, mereka membentuk gelombang berdiri. Gambar di bawah ini menunjukkan versi yang sangat dasar dari fenomena ini. Setiap kali gelombang berdiri dihasilkan, tidak ada transfer energi. Jumlah loop dalam gelombang berdiri ini disebut urutan gelombang.

    Semoga artikel Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap! dapat bermanfaat bagi semua sobat pembaca sekian dan terima kasih.


    COMMENTS

    Nama

    Adsense,1,Android,1,bisnis online,1,Fiber Optik,8,internet,4,internet broadband,6,Jaringan,1,jerawat,1,Kabel,7,Kabel LAN,2,Komponen,5,Kulit,1,Provider,3,Root,1,Sejarah,5,SEO,1,Serat Optik,9,Topology. LAN,3,Uang,2,USB,1,UTP,3,wajah,2,WIFI,1,
    ltr
    item
    FiberOptikWire: Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap!
    Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap!
    Apa itu Fiber Optik ? Penjelasan Fiber Optik Lengkap! - Fiber Optik Adalah Teknologi yang menggunakan helai kaca (serat) untuk mengirimkan data. Kabel serat optik terdiri dari sekumpulan benang kaca, yang masing-masingnya mampu mentransmisikan pesan yang dimodulasi ke gelombang cahaya.Jika Sobat pernah melihat salah satu hiasan berikut di rumah Sobat atau ditempat lain, maka Sobat telah melihat kabel konsep dasar dari serat optik.
    https://3.bp.blogspot.com/-tJQVTOxzbVM/Wuxt2HDbDLI/AAAAAAAAT2U/RflCA1IV9Yss8Z4lilB5BuUKHExEEovpgCLcBGAs/s640/Kabel%2BFiber%2BOptik.PNG
    https://3.bp.blogspot.com/-tJQVTOxzbVM/Wuxt2HDbDLI/AAAAAAAAT2U/RflCA1IV9Yss8Z4lilB5BuUKHExEEovpgCLcBGAs/s72-c/Kabel%2BFiber%2BOptik.PNG
    FiberOptikWire
    https://www.fiberoptikwire.com/2018/05/apa-itu-fiber-optik-penjelasan-fiber.html
    https://www.fiberoptikwire.com/
    https://www.fiberoptikwire.com/
    https://www.fiberoptikwire.com/2018/05/apa-itu-fiber-optik-penjelasan-fiber.html
    true
    3504741130112691726
    UTF-8
    Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy